01 Desember, 2018

Inilah Manfaat Kacang Hijau Untuk Kesehatan Kita

Manfaat kacang hijau sangat baik untuk kesehatan, alasannya ialah memang kacang hijau sangatlah kita butuhkan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian kita. Makanan ini sangat disukai oleh semua kalangan dan dari segala umur. Bahkan kacang hijau sangat manis diberikan pada bayi yang sudah berumur 6 bulan ke atas.

Kacang hijau dalam bahasa latin di sebut phaseolus radiatus linn. Kacang Hijau mengandung protein nabati yang sangat tinggi. Bahkan saking tingginya protein nabatinya, kacang hijau dimanfaatkan untuk diolah menjadi tepung yang disebut hunkwe, dan biasa di gunakan dalam pembuatan aneka macam jenis kue, es krim tradisional, dan mie soun.


 alasannya ialah memang kacang hijau sangatlah kita butuhkan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi haria Inilah Manfaat Kacang Hijau Untuk Kesehatan Kita


Kacang hijau yang dikecambahkan dan sering disebut tauge mengandung enzim aktif, salah satunya ialah enzim amilase yang membantu metabolisme karbohidrat.

Kacang Hijau termasuk jenis kacang yang terbilang sangat istimewa, Soalnya memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh sayuran atau jenis materi makanan lainnya. Kalau materi makanan yang lain menyerupai sayur, buah, dan ramuan tradisional lainnya yang apabila di rebus terlalu usang akan menurunkan khasiat obatnya. Namun Kacang Hijau meskipun direbus hingga usang ( hingga hancur ) khasiat kacang hijau tidak berkurang dan tidak terpengaruh panas. 

Kandungan gizi yang terdapat dalam 110 gr kacang hijau :
  • 345 kalori, 
  • 22,2 gr protein, 
  • 1,2 gr lemak, 
  • vitamin A, 
  • vitamin B1, 
  • fosfor,
  • zat besi,
  • mangan.
Kacang hijau sanggup juga dipakai untuk mengobati aneka macam macam penyakit menyerupai beri -beri, radang ginjal, tekanan darah tinggi, keracunan alkohol dan pestisida, mengurangi gatal alasannya ialah biang keringat, muntaber, menguatkan fungsi limpa dan lambung, impotensi, TBC, jerawat, mengatasi flek hitam di wajah, dan menurunkan demam.

Manfaat kacang hijau untuk mengobati beberapa penyakit :

  • Untuk disentri / sakit perut. Caranya : Buatlah bubur kacang hijau. Lalu sajikan dengan 2 butir telur ayam yang di pindang dan air hangat sebanyak 2 hingga 3 kali sehari. Semoga disentri yang diderita cepat sembuh. 
  • Peluru kencing. Caranya : Ambil 30 gr kacang hijau dan 30 gr daun sendok di rebus dengan air 400cc. Untuk hasil yang maksimal sebaiknya memakai periuk tanah untuk merebus, sehabis masbodoh tambahkan madu secukupnya. Kemudian minum ramuan ini secara teratur hingga kencing tidak tersendat lagi. 
  • Untuk mengatasi rambut rontok. Caranya : Rebus kacang hijau dalam 1 gelas air, ketika merebus kacang jangan hingga pecah. segera angkat bila sudah terlihat agak matang semoga kacang tidak pecah. Kemudian setelah masbodoh air rebusan kacang hijau ini di gunakan untuk membasahi kulit kepala sambil di pijat pijat, diamkan hingga kering kemudian keramas. 
  • Biang keringat. Caranya : Rebus 60 gr kacang hijau yang sudah di buat debu kacang hijau bersama dengan 50 gr flora krokot dengan air secukupnya. Setelah matang saring dan minumkan sebanyak 3 kali sehari. 
  • Demam pada bayi. Caranya : Minumkan 1 gelas air rebusan kacang hijau di campur dengan 1 sendok makan madu pada bayi. 
  • Untuk mengobati bisul. Caranya : Untuk nanah yang belum matang, rebus 50 gr kacang merah kecil, 50 gr kacang hijau, 50 gr kacang hitam, 2 ruas jahe. Semua materi direbus kecuali jahe, jahe direbus tersendiri dan air rebusan jahe di campurkan dengan air rebusan kacang -kacangan. Minum secara teratur, dan untuk nanah yang sudah matang ramuan di tambahkan dengan madu. 
Sangat banyak sekali jikalau kita benar-benar sanggup memanfaatkan kacang hijau untuk memenuhi kebutuhan gizi badan kita. Siapa yang tidak suka kacang hijau, semua orang niscaya suka. Rasanya yang lezat menciptakan kacang hijau menjadi makanan terkenal di Indonesia, di tangan-tangan terampil, kacang hijau diubah menjadi makanan yang sangat enak. Semoga manfaat kacang hijau diatas bermanfaat.
◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Best Patner

Copyright © 2012. KEBEBASAN - All Rights Reserved B-Seo Versi 3 by Blog Bamz