29 Januari, 2014

Apa Yang Menciptakan Nanah Susah Sembuh Dan Bagaimana Mengatasinya???

 Masalah kulit yang selalu hits ini pada umumnya menjadi momok mengerikan bagi para cukup umur Apa Yang Membuat Jerawat Susah Sembuh dan Bagaimana Mengatasinya???

Siapa yang tidak tahu jerawat? Masalah kulit yang selalu hits ini pada umumnya menjadi momok mengerikan bagi para cukup umur unyu yang lagi aktif-aktifnya dengan segudang acara mereka. Kenapa saya dapat katakan jerawat itu momok? 

Jawabannya yaitu alasannya yaitu saya yakin 100% tidak ada orang di dunia ini yang menyukai jerawat. Setuju? Saya secara pribadi jujur berkata bahwa saya paling sebal kalau sudah ada jerawat muncul di wajah, apalagi di hidung. 


Kebiasaan Buruk yang Menyebabkan Jerawat


Jerawat memang dapat muncul alasannya yaitu aneka macam penyebab. Pada hari ini saya akan membahas secara detail faktor utamanya saja yang paling fatal dan banyak diabaikan. 

Secara umum, ada beberapa faktor penting yang menjadi biang kerok munculnya jerawat. Kabar buruknya, tidak semua orang mau memahami problem sederhana ini. Hasilnya, jerawat yang diderita pun tidak kunjung sembuh.

Tahukah Anda kebiasaan jelek apa saja yang dapat mengakibatkan jerawat? Hayoo kira-kira kebiasaan sehari-hari yang menyerupai apa nih yang menjadi pemicu utamanya. Apakah itu dari contoh hidup, contoh makan, atau contoh apa hayoo?

Oke. Jerawat adalah sebuah proses peradangan kronis dari folikel rambut di kulit dan kelenjar minyak di dalamnya. Kalau peradangan sudah sukses maka hasilnya yaitu semacam abses di muka yang punya nama keren 'acne'. 

Oh jadi jerawat itu termasuk proses inflamasi (peradangan) ya? Iya betul sekali. Nah kini coba renungkan kenapa dapat hingga terjadi inflamasi menyerupai itu? Di sini ada 6 penyebab utama yang akan kita bahas, yaitu:

#1 Main Handphone
Smartphone sudah menjadi potongan dari gaya hidup anak zaman millenial. Barang yang satu ini tampaknya tidak pernah tertinggal setiap akan bepergian ke mana saja. Coba Anda ingat-ingat berapa kali tangan Anda menyentuh handphone dalam sehari? Bisa jadi tidak terhitung saking banyaknya kan? 

Tangan Anda memegang macam-macam benda sepanjang hari. Mungkin handphone menjadi salah satu barang yang paling sering dipegang. Misalnya, habis pegang uang buat bayar es cappucino cincau, terus lanjut pegang handphone.  

Lagi santai di kamar, tidak lupa sambil baca webtoon di smartphone juga. Sore hari cek sosial media via smartphone juga. Terus saja tangan Anda asyik menyentuh gadget menyerupai itu hingga karenanya smartphone Anda kehabisan baterai.

Asyik banget deh kalau sudah pegang smartphone. Akan tetapi tahukah Anda berapa banyak kuman dan kuman yang berlalu-lalang di permukaan ponsel Anda itu? Ribuan, jutaan, milyaran? Pokoknya sangat banyak. 

Apesnya kita jarang mempertimbangkan ini sebagai penyebab jerawat. Coba deh diingat pernah kan lagi main smartphone terus keringetan, otomatis tangan meluncur ke muka, mengelap keringat. Pas lagi serius nonton DraKor tiba-tiba handphone menjerit, pribadi angkat telepon. Nempel deh itu gerombolan kuman dan kuman pada transmigrasi semua ke pipi kita. Hasilnya? Jerawat!

#2 Peningkatan Sebum
 Masalah kulit yang selalu hits ini pada umumnya menjadi momok mengerikan bagi para cukup umur Apa Yang Membuat Jerawat Susah Sembuh dan Bagaimana Mengatasinya???


Sebum itu apa ya? Sebum yaitu suatu zat yang diproduksi oleh kelenjar sebasea (sebaceous gland) atau kelenjar minyak di kulit kita. Dimana letak kelenjar minyak? Kelenjar minyak terletak persis di bawah permukaan kulit kita dan melekat pada folikel rambut. 

Bisa dilihat pada gambar di atas bagaimana kelenjar sebasea menempel pada folikel rambut. FYI, seluruh permukaan kulit kita ini ditumbuhi rambut halus lho guys. Termasuk kulit wajah juga pastinya.

Tekstur sebum ini menyerupai lemak atau lilin. Dalam jumlah normal sebum berfungsi untuk melembabkan kulit serta melindunginya dari aneka macam bakteri. Namun ketika kelenjar sebasea kita memproduksi sebum dalam jumlah berlebih, di sini problem kulit mulai timbul.

Sebum dalam jumlah yang terlalu banyak akan menciptakan wajah kita jadi sangat berminyak, terutama di area sekitar hidung, dahi, dan juga dagu. Ketika sebum ini bercampur dengan sel kulit mati yang menumpuk maka di situlah pori-pori akan tersumbat. 


Kondisi pori yang tersumbat alias mampet begini menciptakan pedoman oksigen juga terhambat. Akhirnya kondisi lingkungan di situ jadi anaerob deh! Anaerob yaitu istilah medis untuk menjelaskan kondisi lingkungan yang minim oksigen. Then another bad news is...kondisi lingkungan yang anaerob ini sangat disukai oleh bakteri. 

Kombinasi lingkungan yang anaerob, disandingkan dengan sebum yang banyak, ditambah duet tamat hidup antara sel kulit mati, kotoran, dan kuman di kulit kita pada karenanya menjadikan reaksi inflamasi di kulit. 

Jerawat mulai tumbuh subur alasannya yaitu kuman menemukan lingkungan tepat. Lingkungan anaerob menciptakan kuman nyaman dan sebum ini yaitu masakan enak buat bakteri. Selama kondisi kulit masih begitu, selama itu pula jerawat betah.

Seperti itulah korelasi kuat antara sebum dan jerawat. Lanjuuut ke poin berikutnya!

#3 Makanan Manis
Apakah benar masakan manis mengakibatkan jerawat? Makara ternyata penyebab jerawat bukan gorengan ya guys. Soalnya masih belum terang korelasi langsungnya antara gorengan dengan terbentuknya jerawat menyerupai apa. Mungkin kalau kita makan gorengannya sambil ditempel di pipi, dapat pribadi jadi jerawat besoknya. Hihi...

Bagaimana korelasi masakan manis dan jerawat? Hubungan mereka baik-baik saja. Setelah berguru hingga ke negeri China #halah karenanya saya menemukan fakta bahwa ternyata masakan dan minuman manis dapat memicu jerawat. 

Ini ada penjelasannya secara medis. Seperti ini guys, ketika kita mengkonsumsi masakan manis terlalu banyak, maka di dalam badan akan terjadi peningkatan produksi insulin untuk mencerna gula supaya kadar gula dalam darah tetap normal. 

Kabar buruknya, peningkatan produksi insulin akan meningkatkan produksi sebum di permukaan kulit. Ujung-ujungnya jerawat lagi deh!

Baca juga: Diet untuk Penderita Jerawat, Harus Cermat Memilih Makanan

#4 Malas Cuci Muka
Apakah kaitan antara malas cuci muka dengan jerawat? Mari kita telusuri secara budi dan juga secara medis kenapa kebiasaan malas mencuci muka dapat mengakibatkan jerawat. 

Setiap hari kulit kita yang tidak tertutup oleh pakaian ini terpapar udara yang di sana ada asap dan debu. Iya bukan? Bahkan di dalam ruangan sekalipun udaranya mustahil bebas dari polusi dan debu. So, untuk menjaga kulit dari serangan jerawat, otomatis kita harus rajin membersihkan muka setiap hari.

Logikanya, pori yang tersumbat oleh semua yang saya sebutkan tadi itu akan menciptakan lingkungan kulit kita menjadi anaerob atau kekurangan oksigen. Kemudian...


Kalau lingkungan kulit sudah menyerupai itu maka kulit pun akan menjadi daerah yang sangat nyaman untuk para kuman berkembangbiak meneruskan kelangsungan hidupnya. Akhirnya terjadilah inflamasi dan datanglah si jerawat tanpa diundang.

#5 Produk Rambut
What! Produk rambut mengakibatkan jerawat??? Iya guys, ini fakta yang harus kalian terima. Kenyataannya, pemakaian aneka produk hair care secara seenaknya akan menjadikan efek samping JERAWAT. Aneka produk perawatan rambut baik itu shampoo, pomade, hair spray, atau bahkan vitamin dapat mengundang jerawat ke wajah kita.

Produk perawatan rambut dirancang khusus hanya untuk kulit kepala kita saja. Kalau produk hair care Anda hingga mengenai kulit wajah maka akan segera timbul yang namanya reaksi peradangan di kulit. 

Masalah yang paling umum muncul yaitu jerawat. So, pastikan produk perawatan rambut yang Anda gunakan tidak bleber ke wajah ya?! Terlebih untuk yang berkulit sensitif.

#6 BAB Tidak Lancar
Tubuh kita setiap hari niscaya menghasilkan sampah sisa metabolisme berupa feses, kecuali Anda tidak pernah makan. Hehe... Sampah kita yang nama biologisnya yaitu feses ini akan ditampung di usus besar sebelum karenanya dibuang lewat anus. 


Tubuh yang sehat akan mengeluarkan sampah ini secara teratur setiap hari. Kalau proses BAB tidak terjadi secara teratur maka akan jadi masalah. Apesnya, problem itu juga akan menghipnotis kulit Anda.

Usus besar mempunyai fungsi penyerapan. Ketika feses tidak dikeluarkan dari sana, usus besar akan menyerapnya kembali. Hasil dari peresapan ulang ini akan diedarkan kembali melalui pembuluh darah, padahal isinya hanya zat sampah. Lalu apa yang terjadi? 

Pada tingkat yang lebih parah badan dapat mengalami keracunan. Untuk tingkat yang masih terbilang sedang, racun ini akan masuk ke pembuluh darah dan mencari jalan lain untuk keluar. Coba tebak racun ini akan keluar lewat mana? 

Ya benar sekali. Salah satunya lewat pori-pori kulit dalam bentuk jerawat! So, hingga di sini dapat dipahami kan betapa pentingnya buang air besar secara teratur?

Bagaimana Cara Mengatasi Jerawat Membandel

Ternyata problem jerawat ini bukan hanya soal minyak atau hormon saja lho. Setelah dikaji lebih dalam, mengatasi jerawat ternyata tidak sesulit apa yang selama ini Anda bayangkan. Lebih dari itu, penyebab jerawatnya juga ternyata sangat sederhana kok. 

Berhubung saya sudah membeberkan semua hal yang menciptakan jerawat susah sembuh di atas tadi, kini kita lanjutkan dengan cara mengatasinya.

Coba kini Anda renungkan, apakah selama ini kita melaksanakan kebiasaan-kebiasaan yang saya sebutkan di atas? Kalau jerawat Anda berakar di kebiasaan jelek tersebut, mari saya beritahukan cara mengakhiri riwayat jerawat Anda.
  
#1 Jangan Makan Manis
Makanan manis memang enak dan menggoda, sangat menggoyang pengecap pokoknya. Akan tetapi ingat lagi tujuan Anda untuk menyembuhkan jerawat di wajah anggun Anda itu. 

Konsumsi gula secara hiperbola akan menciptakan kulit jauh lebih berminyak dan ini dapat memicu kemunculan jerawat. Amannya, batasi asupan gula sebanyak 2 sendok makan saja per hari. Sekali lagi, demi kesehatan kulit Anda!

#2 Cuci Muka 
Investasi pertama yang perlu Anda lakukan yaitu mencuci wajah dengan higienis dan benar. Kalau hanya membasuh sekenanya tampaknya tidak akan begitu besar lengan berkuasa pada kondisi jerawat Anda. Lakukanlah sesuai kebutuhan secara rasional contohnya dua kali sehari dikala pagi dan malam sebelum tidur. Jangan berlebihan!

Baca juga: Cara Mencuci Muka yang Benar untuk Wajah Bersih Sempurna

 #3 Olahraga
Wajah yang jerawatan sudah niscaya ya ada yang salah dengan badan orang itu. Kalau problem utamanya yaitu toksin yang menumpuk, maka olahraga sangat dapat diandalkan untuk membantu mengeluarkan toksin lewat keringat. 

Selain itu olahraga juga dapat menciptakan kita jadi lebih senang dengan menekan produksi hormon kortisol dalam tubuh. Terlebih kalau dilakukan bersama teman dan orang-orang terkasih tentu lebih menyenangkan. Jangan lupa berolahraga guysss?!!

#4 Perhatikan Produk Rambut
Ketika menggunakan produk hair care apapun maka usahakan jangan mengenai kulit wajah. Perhatikan hal sepele ini dan mulai lihat hasilnya pada wajah Anda.
  
#5 Hindari Sinar Matahari Intensitas Tinggi
Kenapa harus menghindari sinar matahari? Perlu digarisbawahi di sini bahwa sinar matahari yang berbahaya bagi kulit yaitu sinar matahari pada jam tertentu, yaitu jam 10 pagi hingga dengan 3 sore. 

Radiasi sinar ultraviolet juga dapat memicu inflamasi kulit, maka dari itu usahakan untuk menghindarinya atau menggunakan tabir surya sebagai pelindung kulit.

Baca juga: Apa Perbedaan Sunblock dan Sunscreen?

#6 Hati-hati Memegang Ponsel
Meski smartphone sudah menjadi kebutuhan kita, tetaplah berhati-hati dalam menggunakannya. Jangan pernah izinkan tangan Anda atau tangan siapapun menyentuh kulit Anda sesudah memegang smartphone, apalagi menempelkan smartphone ke kulit. Waduh bisa-bisa pada transmigrasi ke pipi semua itu kuman di smartphone! LOL

#7 Santai
Last but not least! Cara terakhir untuk mendepak jerawat dari hidup Anda yaitu be relax. Rileks saja, jangan hingga stress. Belum lupa kan kalau kortisol juga dapat meningkatkan peradangan? Cobalah untuk lebih santai dengan mendengarkan musik instrumental, meditasi, atau mencoba beberapa pose yoga.

Itulah semua yang saya ketahui perihal penyebab jerawat sulit sembuh dan cara mengatasi jerawat yang sukar sembuh. Seperti yang sering saya katakan bahwa ketika badan Anda sehat maka kecantikan pun akan terpancar secara alami. Poin penting pertama yang harus ditanamkan dalam hati yaitu menjaga kesehatan.

At last, agar goresan pena ini bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa untuk membagikannya pada orang-orang di sekitar Anda yang membutuhkan informasi seputar cara alami menyembuhkan jerawat menahun. 

Sampai berjumpa kembali di tulisan-tulisan saya selanjutnya. Selamat mencoba tipsnya dan good luck for you! Mempunyai pertanyaan, kritik, atau saran terkait artikel di atas? Silakan tinggalkan pesan di kolom komentar. Komen yuk?! ^_^


(diens)
◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Best Patner

Copyright © 2012. KEBEBASAN - All Rights Reserved B-Seo Versi 3 by Blog Bamz