05 Januari, 2014

Apakah Timun Dapat Menjadikan Keputihan??? Ini Ia Faktanya



Mentimun sebagai tersangka penyebab keputihan. Saya mau tanya sesuatu, apakah mentimun termasuk ke dalam salah satu buah yang Anda sukai? Buah segar ini sangat terkenal di Indonesia untuk dijadikan lalapan atau juga menjadi salah satu materi utama di dalam rujak dan acar. Sayangnya, konon mengkonsumsi timun sanggup menimbulkan 'becek' atau keputihan pada wanita. Waduh!

Saya juga sempat khawatir dengan gosip yang sudah banyak dipercaya secara luas oleh para kaum hawa ini. Setiap kali akan menikmati segarnya ketimun seringkali aku batalkan sebab teringat banyak yang mengaitkan timun dengan penyakit keputihan pada wanita. Hiks! Ngomong-ngomong, ada yang belum tahu apa itu keputihan?

Keputihan
Kata ini sebetulnya sudah menjadi momok mengerikan yang tidak mau didengar oleh perempuan. Bagi para perempuan niscaya paham kan ibarat apa rasanya ketika mendengar kata keputihan? Keputihan biasanya terjadi pada perempuan terkait kondisi tertentu yang terjadi pada tubuhnya. Keputihan sendiri terbagi menjadi dua macam yaitu keputihan normal dan keputihan abnormal. 

Keputihan normal terjadi pada ketika tertentu ibarat ketika masa subur, ketika masa menyusui, atau juga ketika melaksanakan kekerabatan suami istri. Ciri-ciri keputihan normal yaitu berwarna putih susu dan cair, atau bening dan kental, serta yang paling utama ia tidak berbau. Sebaliknya, keputihan absurd berwarna putih kekuningan atau kehijauan, pekat, tebal, dan mempunyai amis tajam.

Bicara soal penyebab keputihan yang satu ini yaitu dari reaksi alami tubuh. Cairan keputihan dalam kondisi normal akan menjaga kondisi vagina supaya selalu sehat dan normal. Maka dari itu sekresi cairan dari vagina yang satu ini merupakan hal normal yang tidak perlu dikhawatirkan. Justru keputihan ini akan membantu melawan kuman serta jamur patogen jahat pada vagina.

Berbeda dengan keputihan normal, ada juga keputihan abnormal. Terjadinya keputihan absurd dipicu oleh majemuk faktor. Cara cebok yang salah, penggunaan pakaian dalam yang tidak menyerap keringat, kekerabatan seks bebas, dan masakan bagus yaitu beberapa penyebab terjadinya keputihan abnormal. Hal-hal tersebut akan memicu vagina untuk menjadi tempat perkembangbiakan kuman patogen penyebab keputihan ibarat trichomonas vaginasis atau juga jamur candida albicans.

Keputihan memang sangat mengganggu kelancaran acara sehari-hari kaum perempuan. Cairan berlebih pada vagina menciptakan perempuan jadi merasa tidak nyaman dan pastinya kurang percaya diri. Apalagi kalau hingga kondisinya bertambah parah!

Sebenarnya apa sih yang sanggup memicu keputihan absurd ini hingga terjadi? Kita akan coba mengulasnya. Salah satu penyebab keputihan yang sering tidak disadari yaitu makanan. Makanan memang sanggup memicu terjadinya keputihan absurd pada vagina dengan cara mengacaukan pH pada kawasan kewanitaan. Salah satu biang keroknya yaitu segala jenis masakan manis. Itu kan masakan manis, bagaimana dengan mentimun?

Sudah semenjak usang buah dari tanaman merambat berwarna hijau ini juga dikaitkan dengan persoalan keputihan pada wanita. Bahkan hingga ketika ini semua gosip tersebut masih saja terus beredar. Padahal kabar timun sebagai penyebab keputihan belum terbukti secara klinis.

Jika kita mempelajari ilmu kesehatan yang benar, tidak ada satupun zat yang terkandung di dalam mentimun yang sanggup menimbulkan keputihan pada wanita. Namun bagi beberapa perempuan yang sensitif terhadap mentimun, tidak menutup kemungkinan keputihan akan terjadi sesudah konsumsi mentimun secara berlebihan.

Dilansir dari laman wikipedia, di dalam setiap 100 gram timun terdapat kandungan zat gizi sebagai berikut:
Lemak 0,1 gram
Natrium 2 mg
Kalium 147 mg
Karbohidrat 3,6 gram
Serat pangan 0,5 gram
Gula 1,7 gr
Protein 0,7 gr
Vitamin A 105 iu
Kalsium 16 mg
Vitamin C 2,8 mg
Zat Besi 0,3 mg
Magnesium 13 mg

Satu-satunya zat yang sanggup menjadi penyebab terjadinya keputihan dari daftar di atas yaitu gula. Akan tetapi dengan jumlah yang hanya 1,7 gram saja per 100 gram mentimun, akan diharapkan puluhan ons mentimun untuk memicu terjadinya keputihan. Menurut aku tidak ada orang yang mau mengkonsumsi buah ketimun sebanyak itu sekaligus. Iya bukan? Jadi,  kalau dilihat secara medis sanggup disimpulkan keputihan mustahil terjadi sebab konsumsi timun.

Tapi banyak banget orang yang bilang kalau mentimun ini menciptakan perempuan jadi mengalami keputihan, bagaimana dong? Hmm, oh iya aku tahu jawabannya! Salah satu kemungkinan timun sanggup menjadi faktor pemicu timbulnya keputihan yaitu kalau kita mengkonsumsi mentimun yang sudah diolah menjadi acar. Acar mentimun niscaya kaya akan kandungan gula sebagai bumbunya. Belum lagi ditambah dengan cuka yang bersifat asam.

Tahukah Anda? Konsumsi gula berlebih akan menciptakan kondisi vagina menjadi asam dan urin jadi mempunyai kandungan gula. Sedangkan gula yaitu masakan yang sangat disukai oleh para bakteri. Maka jangan heran kalau kuman di vagina berkembang biak berkali-kali lipat lebih banyak daripada biasanya. Belum lagi acar dengan pH asam yang juga disukai bakteri. Makan acar banyak-banyak karenanya terjadilah keputihan abnormal.

Tips
Sejauh yang aku ketahui, konsumsi timun segar dalam jumlah yang masuk akal tidak akan menimbulkan keputihan. Keputihan mungkin sanggup terjadi kalau Anda banyak mengkonsumsi timun dalam bentuk acar. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan tersebut sebaiknya batasi konsumsi acar timun kalau Anda menyukainya.

Itu ia ulasan untuk hari ini. Semoga goresan pena ini bermanfaat dan hingga berjumpa kembali di artikel berikutnya, insyaa Allah. ^_^

(diens)

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Best Patner

Copyright © 2012. KEBEBASAN - All Rights Reserved B-Seo Versi 3 by Blog Bamz