24 Januari, 2014

Pro Dan Kontra Perihal Ancaman Vaseline Petroleum Jelly


Siapa yang gres pernah mendengar produk vaseline petroleum jelly? Produk dari merk ternama Vaseline ini telah diluncurkan semenjak tahun 1800-an silam. Sejak pertama kali ditemukan di Amerika pada tahun 1859 hingga dikala ini Vaseline petroleum jelly masih menjadi produk yang banyak dipilih oleh masyarakat sebagai media perawatan kulit yang kondusif dan mujarab. 


Namun siapa sangka di balik kepopulerannya yang melegenda ternyata produk ini menyimpan begitu banyak pro dan kontra. Meski orang yang terbantu oleh vaseline tak terhitung jumlahnya, ternyata ada juga sebagian kecil yang menyatakan petroleum jelly berbahaya untuk kulit. 

Sejarah Penemuan Vaseline Petroleum Jelly

Dilansir dari official website Vaseline, pada tahun 1959 Robert Augustus Chesebrough spesialis kimia berkebangsaan Inggris mulai mengadakan penelitian perihal hasil sampingan penyulingan minyak bumi di Pennsylvania yang ternyata sanggup dimanfaatkan sebagai produk perawatan kulit. 

Setelah penelitian yang dilakukan selama tidak kurang dari 5 tahun hasilnya Chesebrough berhasil menemukan cara memurnikan petroleum jelly dengan tiga tahap pemurnian. Segera sesudah itu kemudian Chesebrough pun mematenkan penemuannya itu. 

Pada tahun 1872 Chesebrough mendaftarkan produk ini dengan nama Vaseline dan pada tahun 1874 Vaseline mulai dijual di seluruh Amerika. Pada tahun 1880-an Vaseline berhasil terjual dalam jumlah yang spektakuler dan diterima oleh konsumen dengan sambutan yang sangat baik. Seiring kesuksesannya kabar jelek pun datang. 

Berbagai produk Vaseline tiruan bermunculan di pasar. Hal ini membuat sang penemu membuat segel berwarna biru untuk membedakan produk yang asli. 

Dengan segel biru ini konsumen sanggup membedakan produk yang mengandung vaseline orisinil melalui tiga tahap pemurnian dan yang tiruan. FYI, segel biru inilah yang masih terus digunakan bersama logo khas Vaseline hingga hari ini.

Vaseline Petroleum Jelly Terbuat Dari Apa

Di tengah gosip pro dan kontra perihal produk jelly keluaran Vaseline ini saya sebagai konsumen pun mulai mencicipi keresahan dan mulai tergerak untuk mencari fakta yang sebenarnya. Vaseline jelly ini yaitu petroleum jelly atau petrolatum yang terbuat dari inti minyak dan lilin yang diolah melalui standar kemurnian yang sangat ketat

Zat petrolatum di sini mempunyai fungsi sebagai materi utama dari produk pelembab Vaseline. Bisa dibilang kalau Vaseline petroleum jelly merupakan produk skin care pertama sepanjang sejarah berdirinya perusahaan ini. Bisa kita dipahami ya dears bahwa petroleum jelly di dalam vaseline telah dimurnikan dan sanggup digunakan secara aman.

Kenapa Vaseline Petroleum Jelly Aman Untuk Kulit

Meski terbuat dari inti minyak dan lilin, produk ini bukanlah zat sisa penyulingan minyak menyerupai yang Anda bayangkan melainkan hasil sampingan yang telah dimurnikan melalui tiga tahap pemurnian super ketat. 

Jadi, produk ini telah dipastikan murni ketika tiba di tangan Anda. Pastikan Anda membeli produk yang mempunyai segel tiga tahap pemurnian pada kemasannya untuk menghindari produk tiruan. 

Baca juga: Membuat Wajah Glowing dengan Vaseline Petroleum Jelly

Produk yang orisinil juga tidak mengandung pewangi, tidak akan menyumbat pori, bebas dari pengaruh iritasi, dan juga tidak akan menyebabkan alergi kulit. Bahkan produk ini diakui oleh National Eczema Association sebagai produk yang sempurna untuk penanganan pasien dengan keluhan eksim dan kulit sensitif. Kalau ada yang menyampaikan produk ini akan membuat barrier di kulit maka semua statement itu sangat tidak ilmiah.


Kontra Terhadap Vaseline Petroleum Jelly

Berdasarkan hasil riset saya dengan mencari informasi dari banyak sekali sumber di internet, di dikala orang-orang di satu sisi bersaksi telah mencicipi kebaikan vaseline untuk dirinya ternyata di sisi lain ada juga beberapa pihak yang mengklaim petroleum jelly tidak seharusnya digunakan untuk kulit sebab berbahaya

Mungkin Anda juga pernah membaca beberapa blog yang membahas dampak negatif dari penggunaan petroleum jelly dengan pembahasan yang sangat dangkal. Salah satunya akan saya bahas di bawah ini.

Dilansir dari situs edrugsearch, di sana dijabarkan mengapa penulis tidak baiklah terhadap penggunaan petrolatum untuk kulit, terlebih untuk bayi. Di sana disebutkan 4 alasan mengapa vaseline jelek bagi Anda:
1. Vaseline mengandung hidrokarbon yang berbahaya. Mereka berkata hidrokarbon yaitu racun yang sangat berbahaya untuk kulit.
2. Menyebabkan kerusakan kolagen. Katanya vaseline akan memblokade pori kulit dan menghalanginya untuk menyerap nutrisi dan bernafas. Dengan demikian struktur kolagen di kulit akan rusak.
3. Meningkatkan jumlah estrogen dalam tubuh. Katanya vaseline mengandung xenoestrogens, substansi kimia yang bertindak menyerupai estrogen dalam tubuh.
4. Bisa memicu terjadinya pneumonia. Pneumonia yaitu sebuah penyakit langka yang menyerang paru-paru. Kondisi ini sanggup terjadi ketika vaseline terhirup dan masuk ke dalam paru-paru maka beliau akan mengendap di sana. Kalau jumlahnya cukup banyak memang sanggup memicu peradangan di paru-paru.


Efek jelek tersebut kemungkinan besar akan terjadi pada Anda jikalau memakai produk (petroleum jelly) yang belum dimurnikan secara menyeluruh atau juga produk tiruan. Sisa penyulingan minyak bumi pastilah tidak akan baik jikalau dioleskan ke kulit dalam kondisi apa adanya. Akan tetapi hal sebaliknya akan terjadi ketika produk sampingan (petroleum jelly) tersebut telah dimurnikan. CMIIW ^_^

Kesimpulan

Sebagai konsumen yang bijak tentunya kita harus mencari informasi yang benar dari sumber terpercaya sebelum memutuskan tindakan apa yang akan kita ambil terkait isu tertentu. Apalagi ini menyangkut kesehatan kulit secara khusus dan juga kesehatan badan kita secara umum. 

Gunakan pikiran yang jernih ketika menimbang dua informasi berlawanan. Lakukan analisis memakai logika dan jangan mau dikendalikan oleh tendensi ke salah satu opini. Nilailah keduanya sebagai konsumen dengan netral.

Sebagai pemilik merk besar yang telah menemani konsumennya selama berabad-abad lamanya, tentu Vaseline mustahil mengeluarkan produk yang sanggup membahayakan konsumen kecuali jikalau mereka ingin perusahaannya mengalami masalah. 

Setelah Anda membaca seluruh informasi yang saya sertakan di sini, silakan memutuskan untuk terus memakai produk ini ataukah menentukan untuk mencoba alternatif lain. Always be a smart and and wise customer dears!

Oh iya dikala ini vaseline petroleum jelly juga sudah punya nama baru yang lebih tidak kontroversial. Nama barunya yaitu vaseline repairing jelly. Nice, isn't it? Coba cek ke toko langganan Anda dan temukan vaseline kesayangan Anda dengan nama barunya.

Semoga artikel ini bermanfaat dan hingga jumpa lagi di goresan pena saya berikutnya! ^_^


(diens)
◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Best Patner

Copyright © 2012. KEBEBASAN - All Rights Reserved B-Seo Versi 3 by Blog Bamz