08 Februari, 2014

Cara Mengharumkan Lemari Es Supaya Bebas Bau


Cara biar lemari es tidak bau. Hari ini saya akan mengembangkan pengalaman saya ketika berhadapan dengan busuk tidak sedap pada lemari es. Dari sekian banyak tips yang sanggup saya temukan di internet, mungkin cara ini akan sedikit berbeda dengan yang lainnya. Langsung saja kita ulas bersama cara menghilangkan busuk tak sedap pada kulkas. Baca terus!

Sebelum menulis ini saya sudah lebih dulu mencari tips untuk menghilangkan busuk busuk di lemari es di mesin pencari. Ada banyak hasil pencarian yang terlampir. Apesnya, isi dari kebanyakan artikel hanya hal yang sama. Hanya situsnya saja yang berbeda. Ugh!

Pernah menghadapi pengalaman yang sama terkait busuk di lemari es, saya pun berinisiatif untuk mengembangkan pengalaman. Syukur-syukur ini akan bermanfaat bagi khalayak ramai.

Fungsi Lemari Es
Benda ini yaitu sebuah kawasan penyimpanan yang hampir selalu ada di sebagian besar rumah penduduk. Sesuai dengan namanya, lemari es niscaya bisa digunakan untuk menciptakan es. Hehe... Akan tetapi ternyata ada juga banyak fungsi lain dari kulkas. Salah satunya untuk menyimpan stok materi makanan sehari-hari.

Tidak hanya bisa menciptakan benda cair berubah jadi beku, kulkas juga bisa menjaga kesejukan materi makanan Anda lebih lama. Mulai dari sayur mayur, buah-buahan, hingga sirup kesukaan Anda semua bisa disimpan di sana.

Dengan teknologi yang  mutakhir menyerupai itu saya rasa tidak mengherankan bila lemari pendingin selalu  menjadi primadona di tengah keluarga.

Penyebab Bau Tidak Sedap Pada Kulkas
Pada umumnya, ketika lemari es masih dalam kondisi gres semua fungsinya masih berjalan normal. Anda bisa menyimpan makanan dan minuman apa saja di dalamnya. Mulai dari sayuran hingga buah-buahan dan juga daging.

Kadang saking banyaknya materi makanan yang dimasukkan ke dalam lemari es, kita tidak ngeh mana makanan yang baunya menyengat dan mana yang tidak. Semua akan menjadi satu dikala masuk ke dalam sana. 

Oh iya, tahukah Anda apa gotong royong yang menciptakan lemari es berbau kurang sedap? Faktanya, terdapat beberapa faktor utama yang bisa mengacau kesejukan lemari es. Berdasarkan pengalaman saya, benda di bawah inilah yang bisa mengakibatkan aroma tak sedap di dalam kulkas Anda. Check them out!

1. Sayuran
Menyimpan aneka jenis sayuran di dalam lemari es yaitu sebuah hal yang sangat umum dilakukan. Mengapa? Jawabannya yaitu lantaran lemari es bisa menciptakan kesejukan sayur mayur terjaga lebih lama. Namun perlu diketahui, ada satu hal yang wajib diperhatikan wacana penyimpanan sayur mayur.

Poinnya, Anda harus mengingat sayuran mana yang Anda simpan lebih awal. Selain harus memasak sayur yang telah lebih dulu dibeli, sebaiknya jenis sayur yang lebih gampang busuk juga  didahulukan. Biasanya jenis sayur berdaun yaitu yang lebih cepat busuk.

Jika Anda menemukan ada sayur yang mulai membusuk, segera keluarkan dari kulkas dan buang. Sayuran yang mulai mengalami pembusukan tidak hanya menciptakan lemari es Anda jadi busuk tapi juga kotor. Sayuran yang membusuk akan mengeluarkan aroma tidak sedap di kulkas bila tidak segera dibersihkan.

2. Buah-buahan
Hal yang sama juga berlaku untuk aneka jenis buah segar. Menyimpan buah favorit di lemari es sudah menjadi kebiasaan saya semenjak lama. Hal yang perlu diperhatikan yaitu meski kulkas sanggup menciptakan buah jadi lebih awet, usang penyimpanan buah juga mesti diperhatikan.

Buah yang Anda beli di toko atau pasar tidak selalu dalam keadaan yang masih segar. Betul? Tak jarang buah-buahan itu sudah sedikit layu ketika dijual. Maka dari itu pastikan untuk menghabiskan buah secepat mungkin. Buang segera ketika Anda mendapati beberapa buah yang Anda simpan sudah mulai menampakkan tanda pembusukkan.

Buah yang membusuk di dalam lemari es yaitu penyumbang busuk tak sedap yang cukup merepotkan bagi Anda. Aroma kecut yang keluar darinya akan mempengaruhi aroma makanan lain yang ada di lemari es. Cek selalu stok buah Anda ya?!

3. Daging
Di beberapa belahan dunia terdapat beberapa kelompok insan yang tidak sanggup hidup tanpa daging di setiap harinya. Daging memang sangat bergizi dan penuh dengan protein dan juga lemak. Kabar buruknya, daging juga mempunyai aroma yang cukup menyengat.

Bau busuk dari daging sanggup menciptakan aroma di dalam kulkas Anda menjadi kurang sedap. Daging sanggup menjadi semakin busuk seiring dengan penurunan kesegarannya dari hari ke hari. 

4. Ikan
Jenis binatang yang hidup di perairan ini memang dikenal mempunyai daging yang sangat lembut. gurih, serta berprotein tinggi. Sialnya, pada umumnya aroma ikan sangat amis. Pada beberapa jenis ikan aromanya bahkan bisa jauh lebih buruk.

Untuk menghindari busuk busuk ikan sebaiknya beli ikan dalam kondisi segar. Setelah itu bersihkanlah ikan dengan seksama sebelum menyimpannya. Kemudian Anda sanggup menyimpan ikan ke dalam freezer untuk digunakan keesokan harinya. Jangan disimpan terlalu lama, ya moms?!.

5. Sea Food
Siapa yang tidak suka seafood? Berbagai jenis binatang maritim mempunyai daging yang lembut, manis, dan gurih. Apesnya, kebanyakan sea food mempunyai aroma yang lebih jelek daripada ikan air tawar. Beli sea food segar, bersihkan, dan barulah simpan ke dalam freezer.

Pastikan untuk mengolah materi makanan tersebut segera sesudah dibeli. Seafood yang disimpan terlalu usang selama beberapa hari akan membusuk dan tentu menciptakan lemari es Anda berbau  sangat menyengat.

6. Susu
Minuman berasal dari sapi ini dikenal kaya akan kandungan kalsium. Di luar kandungannya yang menyehatkan, susu juga punya aroma yang mungkin tidak disukai oleh semua orang. Menyimpan susu segar di dalam lemari es sebaiknya tidak dilakukan lebih dari sehari.

Susu segar sebaiknya dihabiskan di hari yang sama. Jika disimpan melebihi batas waktu tersebut maka susu akan menggumpal. Selebihnya susu akan membusuk. Kabar buruknya, aroma susu busuk ini bahkan lebih jelek dari yang Anda bayangkan.

7. Durian
Berduri di luar dan lembut di dalam, itulah buah durian. Buah ini tumbuh dengan baik di beberapa negara di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Buah durian dikenal dengan keunikannya yaitu mempunyai aroma yang cukup kuat.

Aroma buah durian yang telah matang sanggup tercium dari jarak lebih dari 10 meter. Jika Anda ingin merasakan buah tropis ini, pastikan untuk tidak menyimpannya terlalu usang di dalam lemari es. Aroma durian bisa tertinggal usang di kulkas Anda dan sulit untuk diusir. 

8. Bumbu Rempah
Indonesia dikenal dengan kekayaan rempah-rempahnya yang super lengkap. Saat menciptakan sajian masakan para ibu tak jarang menggunakan aneka macam bumbu untuk melezatkan masakannya. Sialnya, bumbu ini bisa jadi tragedi untuk lemari es Anda.

Berbagai rempah-rempah aromatik yang Anda simpan di dalam lemari es bisa menjadi biang kerok dari adanya aroma tidak sedap di sana. Terlebih bila Anda menyimpannya dalam waktu lama. Bisa jadi hingga ada yang membusuk tanpa ketahuan.

Bumbu aromatik menyerupai kunyit, bawang merah, dan bawang putih sebaiknya tidak disimpan terlalu lama. Aromanya yang berpengaruh akan menciptakan lemari es Anda berbau kurang sedap. Lebih baik membeli bumbu secukupnya saja tiap hari biar tidak usah menyimpan di lemari es.

Tips Mengusir Aroma Tak Sedap Dari Lemari Es
Terkadang meski sudah berusaha untuk menjaga kebersihan lemari es ternyata masih saja ada aroma tak sedap yang entah berasal dari mana. Ini yaitu hal yang masuk akal terjadi. Agar bisa menuntaskan persoalan busuk tidak enak di kulkas secara menyeluruh dengan beberapa cara alami yang sanggup Anda coba di bawah ini.

1. Ampas Teh

Setelah menyeduh teh kesukaan Anda, jangan dulu membuang ampasnya. Ampas daun teh bisa Anda taruh di dalam kulkas seharian. Aroma segar dari teh tersebut akan menyamarkan aroma tidak sedap di dalam lemari es.

Namun ada satu hal yang perlu diingat. Jangan menaruh ampas teh tersebut lebih dari satu hari. Oke moms?!

2. Vanilla
Vanilla essence biasanya identik dengan materi kue. Namun tahukah Anda bila materi makanan ringan elok yang satu ini juga bisa dijadikan sebagai penghilang busuk tak sedap dalam lemari es? Cukup taruh beberapa jumput bubuk vanili di dalam mangkuk kecil dan tempatkan di kulkas Anda. Wangi khas vanilla akan menciptakan kulkas Anda jadi harum.

3. Ampas Kopi

Aroma kopi bisa begitu menggugah selera dan membangunkan semangat Anda di pagi hari. Setelah menyeruput kopi Anda hingga habis, ampas kopi sanggup Anda taruh di dalam lemari es untuk menyamarkan busuk tak sedap di dalam kulkas seharian.

Seperti halnya ampas teh, sebaiknya segera keluarkan ampas kopi dari dalam kulkas sesudah sehari berlalu. Hmm...sekarang kulkas Anda jadi harum deh!

4. Melati
Bunga melati mungkin sering diidentikkan dengan hal mistis di pulau Jawa. Terlepas dari semua itu, Anda sanggup menaruh beberapa buah bunga melati untuk mengharumkan kulkas. Coba deh! Keharuman aromaterapi khas melati akan menyelimuti seisi kulkas Anda.

Bagaimana? Praktis bukan cara mengatasi kulkas busuk dan membuatnya jadi lebih harum? Benda-benda di atas dijamin anti busuk kulkas. Selain mengaplikasikan cara menghilangkan busuk tak sedap dari lemari es di atas, bila bisa sebaiknya jangan simpan aneka macam jenis makanan di dalam lemari es terlalu lama.

Bagaimana kalau sudah mempraktekkan semua tips di atas tapi lemari es masih bau? Ini bisa jadi disebabkan oleh busuk yang telah membandel. Untuk busuk membandel dan menahun pada lemari es, tidak cukup menggunakan cara menghilangkan busuk ataupun cara membersihkan kulkas biasa. Untuk itu mari coba cara di bawah ini.

Bau Membandel di Kulkas
Saat Anda menyadari kulkas Anda berbau, mungkin Anda merasa itu sudah terlambat untuk membersihkannya lantaran kulkas terlalu bau. Berbagai cara membersihkan lemari es bisa jadi sudah Anda praktekkan. Namun sudahkah Anda menggunakan cara membersihkan kulkas yang benar? Jawabannya belum tentu.

Jika kulkas Anda sudah sangat bau, satu-satunya cara yaitu harus membersihkannya secara menyeluruh. Lakukan langkah demi langkah menyerupai yang dijabarkan berikut.

1. Defrost
Metode ini biasanya digunakan untuk membersihkan bunga es di freezer yang sudah menggunung. Untuk membersihkan kulkas yang bau, Anda juga perlu melaksanakan defrost. 

2. Cabut Kabel
Setelah defrost selesai, kini lemari es Anda bebas dari bekuas es batu. Langkah berikutnya yaitu mencabut kabel dari stop kontak. 

3. Cuci Kulkas
Sekarang lemari es Anda tidak lagi terhubung dengan ajaran listrik. Anda pun sanggup membersihkannya secara lebih leluasa tanpa takut kesetrum. Gunakan cairan pembersih piring untuk mencuci kulkas. 

Tidak perlu menggunakan banyak air atau bahkan hingga menyiram kulkas Anda. Cukup seka kulkas Anda secara teliti menggunakan spons hingga sudut yang sulit terjangkau. Kemudian bilas menggunakan spons yang bersih. Lap hingga betul-betul bersih.

4. Keringkan
Setelahnya tentu Anda perlu untuk mengeringkan kulkas biar segera bisa digunakan kembali. Anda bisa membiarkan pintu kulkas terbuka hingga seisi kulkas kering dengan sendirinya. Cara lain, Anda juga bisa mengelapnya menggunakan lap higienis dan kering.

5. Hidupkan Kembali
Terakhir, hidupkan kembali lemari es dikala semua bagiannya telah benar-benar kering. Cek secara teliti untuk memastikan tak ada lagi kepingan yang basah. Colokkan kabel kulkas ke stop kontak dan biarkan kulkas beradaptasi selama beberapa saat.

Wonderful! Kini Anda menyerupai mempunyai lemari es gres lagi. Bau busuk yang tadi sangat mengganggu pun telah lenyap ditelan bumi. Hehe. Kulkas jadi cling dan wangi. Siap untuk menyimpan aneka macam kebutuhan sehari-hari Anda menyerupai sedia kala.

Well, sekian dulu tips yang sanggup saya bagikan kali ini. Semoga goresan pena ini bermanfaat dan hingga berjumpa kembali di goresan pena berikutnya, insyaa Allah! ^_^

(diens)
◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Best Patner

Copyright © 2012. KEBEBASAN - All Rights Reserved B-Seo Versi 3 by Blog Bamz