14 Februari, 2014

Cara Menjadi Blogger Di Indonesia



Bagaimana cara menjadi blogger? Era milenial telah datang di depan mata. Ada begitu banyak hal yang berubah di zaman yang orang bilang modern ini. Jika satu dekade silam Anda masih dengan setia berlangganan majalah G4UL, dikala ini Anda akan melihat pemandangan yang jauh berbeda. Sebuah fakta yang agak menciptakan sedih, media cetak tidak seramai dahulu lagi. Salah satu penyebabnya alasannya banyak orang yang telah beralih ke media berbasis blog.

Ada banyak sekali portal blog yang bisa Anda manfaatkan. Terlebih untuk yang mempunyai passion menulis. Mulai dari wordpress, tumblr, dan pastinya blogspot siap menampung pemikiran-pemikiran brilian dari Anda untuk diteruskan pada netizen. Ingin mempunyai situs berbayar atau gratis semuanya manis dengan kelebihan dan kelemahannya masing-masing.

Seperti halnya blog yang sedang Anda kunjungi ini. Di luar sana juga ada begitu banyak blog yang bertebaran dengan beraneka keunikan tema yang berbeda. Di luar imbas negatifnya pada media cetak konvensional, keberadaan situs tersebut tentunya sangat baik untuk memperkaya khazanah pengetahuan Anda. Setuju bukan?

Bagaimana tidak? Seiring dengan semakin banyaknya orang yang aktif di dunia penulisan konten online, Anda pun tak perlu pusing lagi dalam mencari informasi. Semua majalah bahkan ada di dalam smartphone Anda. Jika Anda melihat fenomena ini dari sisi yang positif, pasti Anda akan melihatnya begitu indah. Tsahhh...!

Menjadi Blogger
Saat pertama kali mengenal dunia blogging beberapa tahun silam, blog hanyalah cuilan dari aktivitas perkuliahan untuk memenuhi kiprah dari dosen saja. Isi blog pun penuh dengan kiprah kuliah semata. Meski demikian tetap ada beberapa kesan dari perkenalan itu yang tidak sanggup terlupa hingga dikala ini. Atau juga hingga kapanpun itu.

Bagaimana bisa kiprah dari dosen itu terlupakan? Melalui kiprah kuliah itu, perkenalan dengan dunia bloghospere dimulai. 

Pertama kali menciptakan blog, ada sedikit rasa galau yang terlintas. Lebih galau lagi kalau Anda sama sekali tidak mempunyai background apapun di dunia menulis online. Bisa diperkirakan perasaan yang ada di hati Anda ialah bertanya-tanya. Harus mulai dari mana?

Tulisan ini memang bukanlah sebuah tutorial lengkap yang akan menjelaskan langkah-langkah menjadi seorang blogger dari A hingga Z. Jangan mencari semua itu di sini. Inti dari coretan sederhana ini hanyalah untuk menyebarkan pengalaman blogging semata. Betul, pengalaman menulis secara online alias blogging.

Sekali lagi, ini bukanlah sebuah tutorial. Namun semoga sesudah membaca ulasan ini Anda jadi punya sedikit citra bagaimana untuk memulai sebuah blog. Seperti apa cara membangun sebuah daerah untuk menuliskan fatwa Anda yang pada hasilnya menjadi jalan untuk membantu banyak orang.

Langkah di Dunia Blogging
Pernahkah Anda mempunyai sebuah pertanyaan dalam hati wacana sulitkah menjadi seorang blogger? Pertanyaan ini luar biasa menghantui pikiran. Memulai sesuatu yang gres ibarat menjadi blogger bukan hal sederhana bagi sebagian orang.

Mungkin ada juga sedikit perasaan ragu di benak Anda. Percayalah, tak peduli apapun latar belakang Anda sebelumnya, niat dan impian yang besar lengan berkuasa dari lubuk hati yang terdalam merupakan modal utama untuk menjadi seorang blogger.

Seperti sebuah hikmah klise dan mainstream, ya? Dulu juga saya sempat beropini demikian. Hingga sesudah benar-benar terjun di dunia content writer, saya menyadari sepenuhnya nasehat itu benar adanya. Tanpa niat semua akan tamat!

Awal karir sebagai blogger tidak selalu mulus. Bahkan kebanyakan dari para blogger sukses harus bekerja keras untuk membangun website mereka di awal. Dengan pengabdian yang tinggilah blog Anda akan berjalan dengan baik di masa depan nanti. Intinya semangat!

Teknis Menjadi Blogger
Tulisan ini dibentuk oleh seorang blogger pemula yang merasa masih jauh dari kata mumpuni. Namun ia ingin membagikan sedikit fatwa dan pengalamannya. Barangkali coretan ini bisa menjadi ide Anda untuk mulai menulis sesudah membacanya. Semoga!

Sudahkah Anda mantap ingin melangkah di dunia blogging? Hal pertama yang harus Anda miliki sudah tertulis di awal tadi yaitu niat & kemauan keras. Apakah Anda memilikinya? Untuk lebih praktisnya saya akan menuliskan cara menjadi blogger dalam sebuah daftar ringkas ibarat di bawah ini.

1. Niat

Miliki niat dari dalam hati untuk menjadi seorang blogger. Menjadi penulis itu bukan sesuatu yang sulit. Betul! Namun meski tidak sulit, ini juga tidak bisa dikatakan mudah. Jaga semangat yang menggebu di awal ini supaya tetap membara. Tekad bundar harus ada dan tidak boleh luntur.

2. Mendaftar

Untuk bisa mempunyai sebuah blog maka yang harus Anda miliki sesudah niat ialah alamat email aktif dan juga nomor handphone. Setelah itu buatlah sebuah akun blogger dengan cara mendaftar di portal blog yang Anda sukai. 

Di sini Anda sanggup dengan bebas menentukan akan 'berkarir' di 'kantor' yang mana. Apakah Anda lebih suka nge-blog di situs blogger ataukah wordpress? Atau bisa juga di web hosting milik Anda sendiri. Semua itu Anda yang memilih.

3. Menulis

Kini akun blogger Anda sudah aktif. Inilah saatnya untuk mulai menjadi seorang blogger. Mulailah menulis dan memposting secara rutin dari sekarang.

4. Selesai.

Sampai di sini ada yang ditanyakan? Sekarang blog Anda sudah jadi dan sudah mulai terisi dengan tulisan-tulisan mengesankan dari Anda. Selanjutnya Anda hanya perlu mengolah blog tersebut supaya terus ramai pengunjung.

Tampak gampang bukan untuk menjadi seorang penulis alias blogger? Jika dibaca memang tampaknya begitu mudah. Akan tetapi jangan menganggap enteng terlebih dahulu sebelum Anda mencobanya sendiri. Aktivitas blogging ini cukup menantang lho.

Tantangan Sebagai Seorang Blogger
Seiring dengan semakin derasnya laju globalisasi, kemajuan teknologi juga luar biasa berkembang dari waktu ke waktu. Hal tersebut juga memperlihatkan imbas bagi para blogger. Jumlah orang yang turut terjun meramaikan kancah menulis goresan pena secara online jadi kian ramai. Ini artinya persaingan yang terjadi juga semakin ketat.

Saat membaca aneka macam dongeng sukses seorang blogger biasanya Anda akan terpacu untuk mengikuti jejak mereka seketika itu juga. Kabar buruknya, jalan yang harus Anda lalui nantinya tidak akan selamanya mulus kolam jalan tol. Sekarang saya tanya, siapkah Anda dengan itu?

Anda harus berlomba dengan begitu banyak orang berbakat di dunia maya sana. Asyiknya nih, Anda tetap bisa bersaing secara sehat untuk mendapat perhatian para pembaca. Satu-satunya jurus paling ampuh yang masih bekerja dengan sangat baik hingga dikala ini untuk sanggup menaklukkan pembaca yakni dengan menghadirkan konten bermutu.

Biasakan diri Anda untuk terus melatih keterampilan menulis setiap hari secara konsisten. Di dunia blogosphere ini Anda harus tetap menulis dengan rajin meski kadang semangat naik turun tak menentu. Bagaimanapun caranya Anda harus bisa mengatur mood supaya tetap baik. Ingat, jauh di luar sana para pembaca blog Anda senantiasa menanti postingan terbaru dari Anda.

Bagi mereka yang tidak sabar ingin melihat hasil yang spektakuler biasanya akan berhenti di tengah jalan. Blogger kategori ini pada umumnya kurang sabar dan telaten. Ekspektasi yang Anda patok mungkin terlalu tinggi sehingga ketika ketika harus menghadapi kenyataan blog Anda belum berkembang sebagaimana yang direncanakan, Anda jadi patah arang. Jangan!

Mengatasi Gejolak Mood
Membuat standar yang tinggi tidak salah. Anda boleh dan sah saja menargetkan sesuatu yang betul-betul cetar membahana untuk web Anda. Ini juga bisa menjadi sebuah pecut supaya Anda selalu bersemangat untuk menulis konten bermutu untuk para pembaca.

Hanya saja saya butuh untuk menegaskan satu hal di sini. Target Anda yang menggelegar itu harus diimbangi dengan mental yang kuat. Iya, besar lengan berkuasa untuk menghadapi kenyataan bahwa dunia blogging mempunyai tingkat persaingan cukup ketat. Belum lagi jalan yang terjal itu terpampang konkret di hadapan Anda.

Dengan mempunyai modal mental yang besar lengan berkuasa maka dinamika ibarat apapun yang akan Anda hadapi selama berkecimpung menjadi seorang blogger tidak akan bisa mematahkan semangat Anda. Berbagai goresan pena berkualitas tetap akan tersaji apik tak peduli gejolak mood Anda sedang seberapa pelik. Eeaaa...

Saat ide mulai terasa buntu, cobalah untuk melaksanakan hal yang Anda sukai. Apa saja asalkan bisa menciptakan Anda merasa bersemangat asalkan itu bukan hal yang dihentikan oleh aturan dan agama, lakukanlah. Ide yang segar sangat vital bagi seorang blogger. Maka dari itu selalu cari jalan supaya ide tersebut jangan hingga buntu.

Inti dari menjadi seorang blogger yang sukses ialah selalu mengasihi apa yang Anda kerjakan. Cobalah untuk menulis semuanya dari hati dan pikiran Anda. Dengan demikian goresan pena Anda juga akan menjadi jauh lebih personal dan menyentuh. Pada umumnya insan suka diperhatikan, maka curahkan seluruh perhatian Anda pada para pembaca blog Anda.

Sajikan segalanya secara Istimewa dari dalam diri Anda untuk dunia.

Semoga goresan pena ini bermanfaat dan hingga berjumpa kembali di artikel berikutnya, 

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Best Patner

Copyright © 2012. KEBEBASAN - All Rights Reserved B-Seo Versi 3 by Blog Bamz